Latihan2-11 : Analis menghasilkan ramalan atas laba akuntansi beserta informasi berorientasi masa depan lainnya. informasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan informasi laporan keuangan.

diminta : a. Diskusikan apakah anda percaya bahwa ramalan analis lebih relevan untuk pengambilan keputusan usaha dibandingkan dengan informasi laporan keuangan?

b. Diskusikan apakah anda percaya ramalan-ramalan analis lebih andal untuk pengambilan keputusan usaha dibandingkan dengan informasi laporan keuangan.

Jawab :

sebelum menjawab pertanyaan saya akn menjelaskan terlebih dahulu tentang analis keuangan dan laporan keuangan menurut pengetahuan dan referensi yang saya dapatkan.

Analis keuangan atau perantara informasi merupakan sumber informasi alternatif yang akan digunakan oleh perusahan untuk mengambil keputusan usaha. analis ini memerankan peranan penting dan unik dalam pelaporan keuangan. Disatu sisi, analis mencerminkan suatu kelompok pemakai yang aktif dan terpelajar. Dan sisi lain, analis merupakan sumber informasi alternatif yang utama dibandingkan dengan sumber informasi alternatif lainnya. Para manajer atau pihak perusahaan biasanya akan merespons permintaan analis serta merespons ancaman yang mereka miliki sebagai sumber informasi saingan. Peran analis ini mencakup pengumpulan, pemrosesan, interpretasi dan pemilihan informasi mengenai prospek keuangan suatu perusahaan seperti, analis saham, warta investasi, penasihat investasi dan penilaian utang. Analis tidak secara langsung terlibat dalam pembuatan keputusan investasi dan kredit. sebaliknya, tujuan mereka adalah menyajikan informasi yang berguna untuk keputusan tersebut. dari itu analis menghasilkan ramalan, rekomendasi, dan laporan penelitian tentu saja input analis berupa laporan keuangan, pengungkapan sukarela, serta berita ekonomi, industri dan perusahaan. analis memberikan nilai dengan memproses dan menyintesiskan informasi mentah dan beragam mengenai suatu perusahaan menjadi suatu bentuk yang berguna bagi keputusan usaha.

Laporan keuangan adalah laporan yang memuat hasil-hasil perhitungan dari proses akuntansi yang menunjukan kinerja keuangan suatu perusahaan pada suatu saat tertentu. laporan keuangan melaporkan prestasi historis dari suatu perusahaan dan menberikan dasar, bersama dengan analis bisnis dan ekonomi untuk membuat proyeksi dan ramalan untuk masa depan.
(J. Fred Weston & Thomas E. Copeland,1994: 24)

a. saya setuju bahwa ramalan analis lebih relevan dalam pengambilan keputusan dibandingkan dengan informasi laporan keuangan karena, analis mengambil kesimpulan dan ramalan yang dia buat berdasarkan laporan keuangan atas perusahaan yang bersangkutan. relevan sendiri merupakan kualitas informasi akuntansi yang diinginkan oleh para pembuat keputusan.

b. saya kurang setuju tentang ramalan analis lebih andal dalam pembuatan keputusan dari pada laporan keuangan. Andal merupakan karakteristik penting dalam informasi keuangan, untuk menjadi andal laporan keuangan harus dapat diverifikasi, disajikan dengan jujur, dan netral.. andal sendiri lebih kepada laporan keuangan bagaimana laporan keuangan itu disajikan jadi, jika laporan keuangan tersebut telah disajikan dengan jujur, netral dan tanpa bias serta dapat diverifikasi maka jika analis menggunakan laporan keuangan tersebut, ramalan analis dapat diandalkan tapi jika laporan keuangan tersebut tidak disajikan dengan semestinya maka ramalan analis tidak bisa diandalkan.

 

source : Analisis Laporan Keuangan K.R Subramanyam dan John J. Wild.

baba 2 tentang pelaporan dan analisis laporan keuangan.