Sistem informasi Keuangan (Financial Information System)

Adalah  sistem yang terakumulasi dan analisis data keuangan dalam rangka untuk membuat keputusan yang baik pengelolaan keuangan dalam menjalankan bisnis. Tujuan dasar dari sistem informasi keuangan adalah untuk memenuhi kewajiban keuangan perusahaan pada saat jatuh tempo, dengan menggunakan minimal sumber daya keuangan yang konsisten dengan marjin yang aman (margin of safety) yang ditetapkan. Output yang dihasilkan oleh sistem antara lain termasuk laporan akuntansi, operasional dan modal anggaran, laporan modal kerja, proyeksi arus kas, dan berbagai laporan ‘What-if’ Analisis. Evaluasi data keuangan dapat dilakukan melalui analisis rasio, evaluasi tren, dan model perencanaan keuangan.

Fungsi utama FIS:

Fungsi utama FIS meliputi: Merekam semua transaksi keuangan dalam rekening buku besar laporan Memproduksi fiskal untuk bertemu persyaratan administrasi dan undang-undang Pengendalian pengeluaran keseluruhan melalui kontrol anggaran tertanam dalam laporan  fiskal.

Komponen FIS:

FIS terdiri dari tiga komponen SAP. Bagian ini berfokus pada bagaimana mereka bekerja secara individu dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Ketiga komponen tersebut adalah:

Akuntansi Keuangan (FI):

Akuntansi Keuangan digunakan untuk mencatat seluruh transaksi keuangan di rekening buku besar aktiva yang adalah A / R, kewajiban yang adalah A / P, pendapatan dan beban. Selain, FI menghasilkan  laporan keuangan.

Dana Manajemen (FM):

Manajemen Dana digunakan untuk mengenali sumber pendanaan dan mengendalikan biaya secara keseluruhan. Dana Manajemen akan mencegah posting transaksi yang menghasilkan dolar anggaran cukup.

Pengendalian (CO):

Mengontrol digunakan untuk melacak pendapatan dan beban berdasarkan kebutuhan pelaporan tertentu, yaitu dengan departemen atau kegiatan tertentu atau proyek. Setiap transaksi pendapatan atau beban dipraktekkan dalam Sistem Informasi Keuangan akan memasukkan kode lengkap dari masing-masing komponen dan akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:  Berapa dana yang tersedia untuk departemen belanja (FM) atau  proyek yang terjadi dalam melakukan suatu aktivitas (CO)

Akuntansi Keuangan (FI) Untuk tujuan pelaporan pusat, Akuntansi Keuangan dianggap bagian tengah dari Sistem Informasi Keuangan. Ini adalah satu-satunya faktor yang melacak selain kegiatan pendapatan dan biaya, neraca jenis kegiatan untuk aset misalnya, kewajiban dan pendapatan dipertahankan. Selain itu, untuk tujuan divisi atau departemen Akuntansi Keuangan menawarkan account-kode yang akan digunakan dalam pencatatan pendapatan, pencairan, akun-akun piutang dan aktivitas-hutang.

Dana Manajemen (FM): FM menjawab pertanyaan 2. Dana Manajemen memiliki fitur unik, yang tidak ada di tempat lain di FIS. Ini akan menghentikan kesepakatan bisnis dari yang diposting jika tidak ada cukup dana untuk menutup transaksi. Fitur ini disebut Dana Control. Ketersediaan sumber pendanaan dikategorikan sebagai berikut:

Dana Operasi: Dana ini akan digunakan untuk menutupi biaya operasional umum untuk gaji misalnya pendidikan dan administrasi dan manfaat, utilitas, perlengkapan, dll sumber dana bahwa biasanya akan termasuk dalam kelompok ini adalah pendapatan yang dihasilkan melalui departemen enterprising-nesses dan kerja tahunan hibah dari Federal dan atau pemerintah provinsi.

Tambahan Operasi: sumber-sumber pendanaan bahwa biasanya akan dibentuk pengelompokan ini adalah pendapatan yang dihasilkan dari penjualan-ruang tinggal atau parkir, makanan dan minuman. Biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan operasi pendukung seperti gaji &; manfaat, harga pokok penjualan, bunga dll hipotek kompensasi pendapatan tersebut.

Dana yang Dibatasi Penggunaannya: sumber-sumber pendanaan bahwa biasanya akan diintegrasikan dalam jenis ini adalah penelitian pemberian lembaga, donor rahasia dan perusahaan menggurui. Biasanya keuangan ini memiliki keterbatasan tertentu atau kondisi yang melekat pada bagaimana uang tersebut dapat dibelanjakan.

Modal Dana: Dana Modal digunakan untuk menutupi biaya konstruksi atau overhaul yang paling penting dari bangunan. Sumber dana dapat menggabungkan lembaga pemerintah, donor dan departemen lainnya yang berkontribusi UofT bagian-keuangan operasi mereka, dll

Pengendalian (CO): Pengendalian menjawab pertanyaan, yang departemen / proyek yang terjadi kegiatan Pengendalian izin sistem-pengguna untuk melaporkan pengeluaran dimaksud dan mengevaluasi ke posting nyata Perpajakan dan beban usaha untuk program, departemen tertentu / kegiatan di buku besar tingkat secara rinci. Departemen dan proyek yang diidentifikasi dalam Pengendalian dengan memanfaatkan berbagai kode, yaitu Biaya Pusat dan Internal Orders.

kode rekening CO: Ada empat kategori utama dari kode rekening yang menandakan bagian Pengendalian pengkodean dari sebuah operasi di FIS. Mereka adalah:

Biaya Center (CC): Sebuah kode lima atau enam digit, melambangkan unit-manajerial atau sebuah program yang berasal transaksi keuangan. Pusat biaya trek pendapatan dan pengeluaran untuk unit usaha terus menerus atau abadi atau kegiatan berdasarkan tahun buku.

Internal Order (IO): Sebuah kode enam digit merupakan unit manajerial atau program yang memulai transaksi keuangan. Ordo Internal seperti CC di setiap metode kecuali satu yang adalah waktu pelaporan Internal Order tidak harus sesuai dengan universitas tahun fiskal. Banyak s Orde internal dibentuk untuk melaporkan kehidupan atas dasar saat ini.

 

Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System)

Sebuah Pemasaran Sistem Informasi dapat didefinisikan sebagai ‘suatu sistem di mana informasi pemasaran adalah resmi dikumpulkan, disimpan, dianalisis dan didistribusikan kepada manajer sesuai dengan kebutuhan informasi mereka secara teratur’ (pemborong, 2007)

Sistem ini diciptakan melalui suatu pemahaman tentang kebutuhan informasi dari manajemen pemasaran. Ini tersedia untuk memberikan informasi kapan, di mana dan bagaimana manajer menuntut hal itu. Data diambil dari lingkungan pemasaran dan ditransfer ke informasi yang manajer pemasaran dapat digunakan dalam pengambilan keputusan mereka proses.

Data: Dasar bentuk pengetahuan.

Contoh. satu terisolasi statistik.

Informasi: Kombinasi Data yang memberikan pengetahuan yang relevan.
Sebuah Pemasaran Sistem Informasi dapat didefinisikan sebagai ‘Orang-orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi dan mendistribusikan diperlukan, informasi yang tepat waktu dan akurat kepada pengambil keputusan pemasaran’ (Gray Armstrong, 2008)

Sebuah sistem informasi pemasaran (MIS) terdiri dari orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi dan mendistribusikan diperlukan, tepat waktu dan informasi yang akurat kepada pengambil keputusan pemasaran. MIS dimulai dan diakhiri dengan manajer pemasaran. Pertama, berinteraksi dengan para manajer untuk menilai kebutuhan informasi mereka. Selanjutnya, ia mengembangkan informasi yang dibutuhkan dari catatan internal perusahaan, aktivitas intelijen pemasaran serta proses riset pemasaran. Informasi analisis proses informasi untuk membuatnya lebih bermanfaat. Akhirnya, MIS mendistribusikan informasi kepada manajer dalam bentuk yang tepat pada waktu yang tepat untuk membantu mereka dalam pemasaran, perencanaan pelaksanaan dan pengendalian.

MENGEMBANGKAN INFORMASI

Informasi yang dibutuhkan oleh manajer pemasaran berasal dari catatan internal perusahaan, intelijen pemasaran dan riset pemasaran. Sistem informasi analisis kemudian memproses informasi ini untuk membuatnya lebih bermanfaat bagi para manajer.

Internal Records

Informasi yang dikumpulkan dari sumber dalam perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pemasaran dan untuk mendeteksi masalah pemasaran dan peluang. Sebagian besar manajer pemasaran menggunakan catatan internal dan laporan secara teratur, terutama untuk membuat perencanaan sehari-hari, pelaksanaan dan keputusan kontrol. Internal catatan informasi yang terdiri dari informasi yang dikumpulkan dari sumber dalam perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pemasaran dan untuk mendeteksi masalah pemasaran dan peluang.

Contoh

Kantor Dunia menawarkan pembeli kartu keanggotaan gratis ketika mereka melakukan pembelian pertama mereka di toko mereka. Kartu ini memberikan hak pembeli untuk diskon pada item yang dipilih, tetapi juga memberikan informasi berharga untuk rantai. Sejak Kantor Dunia mendorong pelanggan untuk menggunakan kartu mereka dengan setiap pembelian, dapat melacak apa yang pelanggan membeli, di mana dan kapan. Dengan menggunakan informasi ini, dapat melacak efektivitas promosi, jejak pelanggan yang telah membelot ke toko-toko lain dan tetap berhubungan dengan mereka jika mereka pindah.

Informasi dari catatan internal biasanya lebih cepat dan lebih murah untuk didapatkan daripada informasi dari sumber-sumber lain, tetapi juga menyajikan beberapa masalah. Karena informasi internal untuk keperluan lain, mungkin tidak lengkap atau dalam bentuk yang salah untuk membuat keputusan pemasaran. Sebagai contoh, penjualan departemen akuntansi dan data biaya yang digunakan untuk penyusunan laporan keuangan perlu beradaptasi untuk digunakan dalam mengevaluasi produk, tenaga penjualan atau saluran kinerja.

Intelijen Pemasaran

Setiap hari informasi tentang perkembangan perubahan lingkungan pemasaran yang membantu manajer mempersiapkan rencana pemasaran. Sistem intelijen pemasaran menentukan kecerdasan yang diperlukan, mengumpulkan itu dengan mencari lingkungan dan memberikan kepada manajer pemasaran yang membutuhkannya. Pemasaran intelijen berasal dari berbagai sumber. intelijen Banyak dari personel perusahaan -, eksekutif insinyur dan ilmuwan, agen pembelian dan tenaga penjualan. Tetapi orang-orang perusahaan seringkali sibuk dan gagal untuk menyampaikan informasi penting. Perusahaan harus ‘menjual’ orang pada pentingnya mereka sebagai pengumpul intelijen, melatih mereka untuk melihat perkembangan baru dan mendesak mereka untuk laporan intelijen hack untuk perusahaan. Perusahaan juga harus membujuk pemasok, reseller dan pelanggan untuk menyampaikan intelijen penting. Beberapa informasi tentang conies pesaing dari apa yang mereka katakan tentang diri mereka sendiri dalam laporan tahunan, pidato, siaran pers dan iklan. Perusahaan juga dapat belajar tentang para pesaing dari apa yang orang lain katakan tentang mereka dalam publikasi bisnis dan di pameran perdagangan. Atau perusahaan dapat melihat apa yang dilakukan pesaing – membeli dan menganalisis produk pesaing, pemantauan penjualan dan memeriksa paten baru. Perusahaan juga membeli informasi intelijen dari pemasok luar.

Beberapa perusahaan mendirikan kantor untuk mengumpulkan dan menyebarkan intelijen pemasaran. Staf scan publikasi yang relevan, meringkas berita penting dan mengirim buletin berita untuk manajer pemasaran. Mereka mengembangkan sebuah file informasi intelijen dan membantu manajer mengevaluasi informasi baru. Layanan ini sangat meningkatkan kualitas informasi yang tersedia untuk manajer pemasaran. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai informasi kompetitif dari konyol ke ilegal. Manajer secara rutin dokumen rusak karena keranjang sampah dapat menjadi sumber informasi.

 

source    :   answer.com,Wikipedia.com,omniglot.com