Di bawah ini merupakan beberapa jasa perbankan yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas khususnya nasabah

1. Jasa setoran seperti setoran listrik, telepon, air, atau uang kuliah

2. Jasa pembayaran seperti pembayaran gaji, pensiun, atau hadiah

3. Jasa pengiriman uang ( transfer )

4. Jasa penagihan (inkasio)

5. Kliring

6. Penjualan mata uang asing

7. Penyimpanan dokumen

8. Jasa cek wisata

9. Kartu kredit

10. Jasa – jasa yang ada di pasar modal seperti pinjaman emisi dan pedagang efek.

11. Jasa Letter of Credit ( L/C)

12. Bank garansi dan referensi bank

dan jasa bank lainnya.

saya akan sedikit menguraikan tentang jasa-jasa tersebut. pertama untuk  Jasa setoran seperti setoran listrik, telepon, air, atau uang kuliah ataupun Jasa pembayaran seperti pembayaran gaji, pensiun, atau hadiah merupakan jasa bank yang pada umumnya ada disetiap bank dan jasa ini paling sering digunakan pada umumnya karena menyangkut kebutuhan di setiap bulannya.

Yang kedua yaitu jasa pengiriman uang atau lebih dikenal dengan sebutan Transfer. Transfer adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan seseorang yang ditunjuk sebagai penerima transfer. Baik transfer uang keluar atau masuk akan mengakibatkan adanya hubungan antar
cabang yang bersifat timbal balik, artinya bila satu cabang mendebet cabang lain mengkredit.

Inkaso merupakan kegiatan jasa Bank untuk melakukan amanat dari pihak ke tiga berupa penagihan sejumlah uang kepada seseorang atau badan tertentu di kota lain yang telah ditunjuk oleh si pemberi amanat. Ada warkat inkaso, warkat inkasio ini dibagi 2 yaitu warkat inkaso tanpa lampiran maksudnya yaitu warkat inkaso ini tidak dilampirkan dengan dokumen apapun. sedangkan warkat inkaso dengan lampiran akan disertai dokumen-dokumen. Lalu macam-macam inkaso diantaranya inkaso keluar dan inkaso masuk.

sumber : sulastri.staff.gunadarma.ac.id/…/TUGAS+BANK+dan+LEMBAGA+KEUANGAN1.pdf dan wikipedia