sebelum membahas MYSQL lebih jauh ada baiknya kita tahu terlebih dahulu pengertian tentang MYSQL, perlu di catat bahwa MYSQL berbeda dengan SQL MySQL sendiri suatu perangkat lunak database relasi seperti halnya oracle,postgreSQL,microsoft SQL,dan sebagainya. MYSQL merupakan salah satu DBMS open source yang paling populer pada saat ini. Meskipun dulu MySQL pernah dikritisi karena tidak memiliki beberapa fitur yang ada dalam DBMS pada umumnya, namun saat ini MySQL sudah banyak dikembangkan. sedangkan SQL merupakan sintax perintah tertentu yang digunakan untuk mengelola database.

Pada awalnya MYSQL dijalankan pada sistem operasi Unix dan Linux.Tapi, para penggemar Windows pun sekarang sudah tersedia MYSQL versi windows.Mereka yang menggunakan Linux biasanya MYSQL sudah terinstall secara default.Bila belum dapat menginstalnya menggunakan RPM (Redhat Package Manager, merupsksn prosedure instalasi software yang menjadi standar de-facto untuk Linuk itu sendiri, walaupun kita tidak menggunakan linux redhat). untuk pengguna windows sekarang sudah ada paket software yang merangkum MYSQL,Apache webserver dan php yang sangat mudah untuk dinstall. Software tersebut namanya PhpTriad (phptriad2-2.exe,ukuran 13MB).

Fungsi dari MYSQL diantaranya :

– menyimpan data

– mengaksesnya dengan cepat

– mengubahnya (insert,update,delete) dengan melakukan itu semua dengan mudah

–  MYSQL  juga memiliki banyak fasilitas praktis yang dikembangkan dalam kerja sama yang amat dekat dengan user-user awalnya.

– MySQL mulanya dikembangkan untuk menangani database yang sangat besar lebih cepat dari solusi-solusi yang ada dan telah sukses digunakan dalam lingkungan produksi yang memiliki banyak permintaan untuk beberapa tahun.

– Konektivitas, kecepatan dan keamanan membuat MySQL amat sesuai untuk mengakses database pada internet.

–  MySQL memiliki banyak kontribusi software yang ada. Anda akan menemukan bahwa bahasa pemrograman atau aplikasi favorit Anda telah mendukung MySQL.

Keunggulan MYSQL :

-Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda, seperti LINUX, Windows, MacOS dll.

– Dapat dikoneksikan pada bahasa C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.

– Memiliki lebih banyak type data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET dan tipe ENUM.

– Mendukung penuh terhadap kalimat SQL GROUP BY dan ORDER BY. Mendukung terhadap fungsi penuh ( COUNT ( ),COUNT (DISTINCT), AVG ( ), STD ( ), SUM ( ), MAX ( ) AND MIN ( ) ).

– Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC.

-Mendukung ODBC for Windows 95 (dengan source program). Semua fungsi ODBC 2.5 dan sebagainya. Sebagai contoh kita dapat menggunakan Access untuk connect ke MySQL server.

– Menggunakn GNU automake, autoconf, dan LIBTOOL untuk portabilitas. =>  – Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama.

– Ditulis dengan menggunakan bahasa C dan C++. Diuji oleh compiler yang sangat jauh berbeda.

– Privilege (hak) dan password sangat fleksibel dan aman serta mengujinkan ‘Host-Based’ Verifikasi.